Fasilitas utama suatu hotel adalah kamar tamu (guest room), bahkan kamar tamu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pendapatan hotel. oleh sebab itu, fasilitas dan kebersihan kamar tamu harus di perhatikan dan dibersihkan dengan baik agar tamu merasa nyaman dan aman ketika berada pada kamar tersebut. Room mempunyai peran besar dalam meningkatkan reputasi hotel. merajuk review tamu di tripadvisor, bahwa kualitas tidur, kamar dan kebersihan menjadi penilaian dalam kepuasan tamu pada saat mereka menginap. Kondisi kamar dapat menyampaikan suatu pesan yang baik atau tidak baik kepada tamu karena mencerminkan  kualitas dari karyawan hotel.
Selain kebersihan, kecepatan untuk menyediakan kamar tamu memberikan nilai tambah bagi housekeeping karena tamu bisa langsung check in saat tiba di hotel. Oleh sebab itu, Floor supervisor harus dengan segera mengecek dan  me-release status kamar tersebut secepatnya. Jangan menunda!.
Membersihkan kamar tamu perlu diperhatikan sebaik-baiknya agar semua bagian di dalam kamar tidak ada yang diabaikan/terlewatkan. Harus dilakukan dengan teliti dan detail supaya kebersihan kamar benar-benar dalam keadaan top.
Proses membersihkan kamar tamu terdiri dari preperation (persiapan),
process (pembersihan) dan finishing (pengecekan).


PERSIAPAN
Pada tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :
  • Melapor ke housekeeping office dengan menandatangani daftar hadir (attendance record) pada kolom
    Time In.
  • Mengambil room assignment sheet yang merupakan daftar kamar-kamar yang harus dikerjakan oleh room attendant.
    room assignment sheet ini dipersiapkan oleh floor supervisor untuk mengatur alokasi room atttendant dalam
    pembersihan semua kamar di hotel.
  • Mengambil kunci kamar (Master key) sesuai dengan daftar kamar pada room assignment sheet kemudian
    menandatangani pada “key log book” pada kolom Key Out.
  • Mengikuti “Morning briefing” yang dipimpin oleh supervisor untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas
    hotel misalnya : EA, ED, VIP, dan lain-lain.
  • Room attendant menuju section masing-masing sesuai dengan lantainya kemudian mengambil “trolley” sebagai
    tempat penyimpanan semua peralatan penunjang kamar.
  • Kemudian, mengecek semua kamar untuk memastikan status kamar sesuai dari system komputer sama dengan status fisik.
    Selain itu, tujuan lainnya adalah mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan
    untuk room discrepancy
  • Hasil pengecekan fisik ini akan dilaporkan ke floor supervisor sabagai laporan morning housekeeping report setelah
    dikumpulkan dari semua room attendant yang bertugas.
  • Room attendant sudah siap melakukan pembersihan kamar. biasanya akan dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda “service”.

PEMBERSIHAN
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal sebagai berikut :
  • Entering the guestroom
    • Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
      secara perlahan sambil mengatakan housekeeping.
    • Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dpat dibersihkan.
  • Begining Task
    • Bawa masuk caddy tray dan linen bersih ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen diatas luggage rack.
    • Buka curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa
      hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
    • Bawa gelas, ashtray, cangkir ke basin di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi room service untuk pick up.
    • Bersihkan tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
    • Periksa semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
  • Stripping the bed
    • pindahkan bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke posisi awal.
    • Lepaskan sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
    • Tarik sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke laundry.
    • Pindahkan semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
  • Making the bed
    • Periksa kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
    • Letakkan sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan membentuk sudut 45 derajat.
    • Letakkan duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
    • Letakkan bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
    • letakkan bed runner sebelah bawah dari bed.
  • Dusting
    • Proses dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan semua furniture
      tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table,
      wardrobe,
      dan lain-lain.
    • Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai syarat kelengkapan kamar.
  • Cleaning the bathroom
    • Bersihkan Glass tumbler yang kotor.
    • Bersihkan toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
    • Ganti towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
    • Ganti dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan standar.
    • Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
  • Vacuuming the room, Vacuum lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur. pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.

PENGECEKAN
Pada tahap ini, room attendant memeriksa ulang kamar yang telah dibersihkan agar kamar tersebut sesuai dengan standar. Adapun prosedure pengeceken meliputi :
  • Kebersihan merupakan tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings, lamps, floor, linen,
    dan ceiling.
  • Kerapihan merupakan pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi agar
    kelihatan menarik.
  • Kelengkapan merupakan proses pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi standar dari kamar tersebut
    dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
  • Kerusakan bertujuan untuk memastikan semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan baik, misalnya lampu yang mati, remot control, furniture
    yang tergores, dan lain-lain.
  • Kesegaran merupakan proses pengecekan terhadap kesegaran kamar. kamar yang baik adalah “fresh” bukan
    bau rokok, bau parfurm, dan lain-lain